• home
Home » » Surat Kecil Untuk Tuhan

Surat Kecil Untuk Tuhan


Surat Kecil Untuk Tuhan
(Belajar Memaknai Kehidupan Yang Diberikan Oleh Tuhan)
Oleh: Kak Diah

Film besutan sutradara Haris Nizam, yang di perankan oleh Dinda Hauw, Alex Komang, Esa Sigit, Ranty Purnamasari, Dwi Andika, Egi John Foreisythe produksi dari Skylar Pictures ini memang layak diapresiasi oleh para penikmat film Indonesia. Film yang berjudul “Surat Kecil untuk Tuhan” (SKUT) memberikan pesan kepada para penontonnya untuk memaknai kehidupan dengan lebih baik lagi. Tidak sedikit penonton yang bercucuran air mata bahkan sulit menghentikan tetesan air matanya begitu selesainya film ini.

Film yang diangkat dari novel kisah nyata yang dari seorang gadis tegar yang memiliki nama Gita Sesa Wanda Cantika yang akrab dipanggil Keke. Keke mengidap penyakit yang disebut Rhabdomyosarcoma pertama di Indonesia, Rhabdomyosarcoma adalah kanker ganas yang menyerang jaringan lunak dan sudah berada di stadium 3. Kanker tersebut berkembang sangat pesat setiap 5 hari dan mengganggu penglihatan dan aktivitas Keke sehari-hari.

Keke sering mimisan, sulit bernapas dan matanya memerah lalu berair dan lama kelamaan ada benjolan yang semakin hari semakin besar di bawah kelopak mata bagian kiri. Keke tampak buruk sekali, kecantikannya hilang. Walau begitu, ia tetap ingin ikut ujian sekolah. Kegigihannya dalam menjalani kehidupan ini yang membuat Ibu Megawati memberikan penghargaan sebagai ‘Siswi Teladan.’

Tapi inilah kehidupan, Tuhan punya rencana lain padanya. dan akhirnya ia harus pergi setelah 3 tahun mendekap dengan kanker ganas tersebut, bayangkan hidup dengan kanker ganas selama 3 tahun tanpa pernah mengeluh bahkan ia selalu tegar. hingga Tuhan menjemputnya.



Surat Yang ditulis Oleh Keke :

Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini.

Tuhan…
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku, terjadi pada orang lain.

Tuhan…
Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu

Tuhan…
Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu

Tuhan…
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya..

Tuhan…
Izinkanlah rambutku kembali tumbuh, agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya.

Tuhan…
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan kepada ayah dan sahabat-sahabatku

Tuhan…
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku..

Tuhan ..
Surat kecil-ku ini adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali…
Ke dunia yang
Kau berikan padaku..

Kuatnya skenario kehidupan Gita Sesa Wanda Cantika, atau yang biasa dipanggil Keke, sungguh kental ditangkap oleh para penonton. Bukunya saja yang telah terjual lebih dari 30 ribu copy yang juga terkenal di Taiwan dan telah diterjemahkan, bisa membuat banyak orang berucuran airmata saat membacanya, apalagi visualisasinya. Maka tantangan bagi sutadara film ini adalah untuk ‘merajut’ jalinan ceritanya yang sudah sangat inspiratif itu menjadi adegan-adegan utuh untuk menggambarkan ketegaran hati sosok Keke dalam durasi 100 menit di layar lebar.

Hampir tidak ada cela yang bisa dialamatkan kepada para pemain dalam film ini, yang kebanyakan bukanlah bintang-bintang beken. Pemeran Keke yaitu Dinda Hauw sendiri tampil amat memukau untuk ukuran pendatang baru di dunia entertainment. Tak ketinggalan aktor dan aktris lain yang hanya menjadi pemeran pendukung tampil maksimal. Bahkan aktor yang menjadi supir keluarga Keke di film itu, yang sering tampil tanpa bahasa verbal cukup membuat emosi para penonton teraduk dalam keharuan kisah ini.

0 komentar:

Posting Komentar